MACAM MACAM MOTOR
SUPRA X 125
Honda Supra X 125 generasi pertama 2005 sampai 2008
Inilah tonggak sejarah perubahan kapasitas mesin Honda Supra dari 100cc ke 125cc, saat itu mesinya terlihat besar untuk Motor Bebek. Merupakan hasil pengembangan dari Honda Kharisma, Supra X 125 memiliki desain yang lebih modern meskipun masih didominasi garis body membulat. Posisi sein ditebeng depan menyatu dengan sayap 3 Dimensi dengan Undercowl, memiliki kisi-kisi udara yang iconic pada bagian samping. Knalpot lurus bercover mirip Kharisma, Arm model penyet, Mesin warna Silver, ada bagasi dan penutup kunci kontak bermagnet. Tersedia dalam tipe Standar velg jari-jari cakram depan yaitu Supra X 125 dan Supra X 125R velg Racing Cakram depan. Model CW Stripingnya lebih Sporty dengan tulisan Honda besar pada Body belakang serta logo Sayap mengepak khas Honda.
Supra X 125R generasi pertama
Karburatornya mengusung teknologi Thorthle Switch System (TSS) yang bekerja mengatur derajad pengapian sesuai putaran mesin dan bukaan gas. Supra X 125 dibekali dengan mesin 124,8(125)cc 4 langkah SOHC 2 klep berpendingin udara. Dengan Power Max 9,3PS/9,17HP @7.500rpm serta Torsi Max 1.03kgf.m @4.000rpm yang disalurkan melalui Transmisi 4 percepatan N-1-2-3-4-N Sistem Rotary. Pada tahun 2006 Supra X 125 versi Injeksi diperkenalkan, jadi motor ini beredar mulai tahun 2005 sampai 2008 saja. Hanya sekitar 3 tahun karena kemudian brojol generasi baru dengan ubahan total yang lebih ganteng stylish dan modern.
Supra X 125Fi generasi pertama
Honda Supra X 125 generasi kedua 2008 sampai 2014
Kemudian pada tahun 2008 Supra X 125 terbaru resmi meluncur dengan desain depan berubah total dengan garis tajam disetiap lekukanyanya. Headlamp dua bohlam, sein disayap dengan undercowl, Blok mesin warna karbon, Knalpot model Stainles sporty, Speedometer perpaduan Digital dan Analog. Untuk Supra X 125 Standard Velg jari-jari rem depan Cakram dan Supra X 125R velg Racing, rem sudah Double Disc. Model ini juga tersedia dalam tipe Karburator dan Injeksi PGM-FI Brad’s, dimana versi karbunya lebih laris dibanding Supra Injeksi.
Honda Supra X 125 Helm-in generasi ketiga mulai 2011 sampai 2019
Tahun 2011 Supra X 125 Helm-in meluncur sebagai varian baru mengedepankan fungsionalitas dengan Bagasi dan Tanki BBM berkapasitas lebih besar. Desainya sangat berbeda dengan Supra 125, garis bodynya serba membulat dan gembung, lampu belakang LED beraksen huruf X saat menyala. Knalpotnya model baru warna hitam bercover chrome yang hampir penuh, cikal bakal knalpot yang dipakai Revo Fi dan New Supra Injeksi. Keluaran pertama masih Karburator dengan Power Max 9.6PS @7500 dan Torsi Max 1.08kgf.m @5500rpm dan stop produksi pada 2012.
Tahun 2012 New Supra X 125 Helm in PGM-FI atau injeksi meluncur menggantikan versi karburator Brad’s. Dengan Power Max 9.63PS @7500rpm serta Torsi Max 1.08 kgf.m @5500rpm, kemudian Stop produksi awal 2019 bareng Honda Blade 125 Fi. Masa edarnya lumayan juga sih hampir 8 tahun, maklum pasarnya juga cukup segmented dan bukan selera anak muda secara umum.
New Supra X 125 Injeksi generasi keempat 2014 sampai sekarang
Tahun 2014 generasi terbaru New Honda Supra X 125 injeksi meluncur menggantikan Supra Batman serta berakhirnya penggunaan Karburator pada Supra. Desainya lebih ramping dan Sporty dengan aksen bergaris tajam, knalpotnya model baru warna hitam bercover Chrome suaranya garing kemricik. Speedometer Downgrade jadi full analog dengan gearbox kembali ke ban depan, Penutup kunci kontak bermagnet sekaligus pembuka jok. Lampu belakang LED dan ada Power Charger pada bagasi, dan sayapnya masih model 3 Dimensi tapi tanpa Undercowl. Tipe CW rem sudah Double Disc dan arm kotak, tipe jari-jari remnya Cakram bagian depan dan swing arm
Honda Supra 150 GTR generasi kelima 2016 sampai sekarang 2022
Nah pada tahun 2016 Honda Supra 150 GTR meluncur sebagai Bebek Sport dan lebih condong ke Motor Touring nih. Basicnya dari Honda Sonic 150R yang berbagi Platform mesin dengan CBR150R dan CB150R dengan mesin 150CC DOHC berpendingin cairan. Memiliki Power Max 12.0kW/16.3PS @9.000rpm serta Torsi Max 14.2Nm @6.500rpm yang disalurkan melalui Transmisi Manual 6 Percepatan 1-N-2-3-4-5-6.
No comments:
Post a Comment